Tidur Nyenyak yang Berkualitas

Tidur Nyenyak Sangat Di butuhkan Setiap Orang

LiputanInformasi.com Tidur Nyenyak merupakan keadaaan alami seseorang untuk melakukan istirahat yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk memulihkan dirinya. Tanda tanda kehiudupan seperit kesadaran dan pernapasan mengalami perubahan. Pada saat tidur sistem saraf di blokade sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang.

Menurut penelitian seluruh manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya hanya untuk tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi merupakan kebiasaan dan pola hiudup setiap orang. Kurang tidur biasanya disebabkan karena begadang ataupun karena insomnia.

Tidur akan membuat tubuh menjadi sehat

Cara rahasia tidur lebih nyenyak .Menurut penelitian Tidur sangat penting bagi setiap orang. Ahli mengatakan tidka sedikit orang yang menderita gangguan tidur. Ada beberapa tips agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

  1. Mandi Air Hangat
    Sebelum hendak tidur mandilah menggunakan air hangat agar membantu menstabilkan suhu tubuh dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Dengan menggunakan air hangat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Dengan kondisi tubuh yang rileks dan nyaman membuat kualitas tidur menjadi baik.
  2. Hindari Selimuti Kaki
    Kenapa demikian ketika Anda bisa terlelap lebih cepat jika kaki Anda berada di luar selimut. Karena ritme biologis dan suhu tubuh naik turun sepanjang hari, cara ini dianggap ideal karena ketika suhu tubuh mulai turun saat sebelum tidur, suhu yang lebih dingin akan memicu rasa kantuk. Sensasi yang Anda dapat ketika membiarkan kaki di luar selimut hampir sama dengan sensasi mandi air hangat sebelum tidur.
  3. Hindari Cahaya Terang sebelum tidur
    Cahaya biru dari televisi, ponsel dan komputer dapat menurunkan produksi hormon melatonin dalam tubuh sehingga Anda susah merasakan kantuk setelahnya. Anda bisa mengurangi paparan sinar ini dengan menggunakan kacamata berwarna gelap.
  4. Kurangi Cahaya Ruangan
    Cahaya memicu otak untuk tetap aktif dan terus bekerja. Namun, ketika cahaya lampu mulai berkurang, keaktifan otak juga akan menurun. Jika Anda ingin cepat tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak, kurangi paparan cahaya atau matikan lampu ruangan Anda. Jika Anda takut gelap, Anda bisa gunakan lampu tidur.
  5. Memakai Wewangian
    Menurut Penelitian, menyemprot atau mengoleskan wewangian aroma lavender pada sprei atau ruangan akan membuat Anda lebih nyaman dan mudah terlelap. Menurut penelitian aroma lavender telah terbukti mampu menurunkan irama jantung, menurunkan tekanan darah dan membuat Anda merasa lebih rileks.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *