Rudal Korut Yang Melawati Langit Jepang Sebenarnya Diarahkan Ke Guam

Rudal Korut Yang Melawati Langit Jepang Sebenarnya Diarahkan Ke Guam

LiputanInformasi – Korea Utara (Korut) sebelumnya diketahui melakukan tes rudal pada Selasa pagi kemaren yang terlihat melintas melawati Jepang. Kim Jong Un, menegaskan bahwa rudal Hwasong-12 yang kemaren melintas langit jepang itu sebenarnya ditargetkan untuk Guam.

Seperti yang diketahui, rudal Hwasong-12 tersebut mendarat dibagian laut Pasifik setelah melewati pulau Hokkaido, Jepang. Rudal Hwasong-12 yang digunakan oleh Kim  yang sebelumnya pernah digunakan untuk mengancam Guam, namun pertama kalinya diluncurkan di Ibu Kota Pyongyang.

Tes tersebut ditunjukan untuk membalas latihan militer yang digelas oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan. Selain itu, Kim juga mengatakan bahwa uji coba ini juga merupakan langka pertama aksi militer di Pasifik. Apalagi kawasan Guam merupakan kawasan basis yang dimiliki oleh militer AS.

Baca Juga : Korut Akan Terus Melakukan Uji Coba Nukril Walaupun Dikutuk PBB

Rudal Korut Yang Melawati Langit Jepang Sebenarnya Diarahkan Ke Guam

Kim Jong Un juga mengatakan bahwa masih melakukan banyak uji coba yang akan terus diarahkan ke Pasifik. “Peluncurkan roket balistik seperti perang sesungguhnya ini adalah langkah pertama operasi militer KPA di Pasifik dan awalan yang ditujukan ‘mengandung’ Guam,” tulis KCNA mengutip Kim.

Pada awal bulan Agustus ini, Korut diketahui sudah menembakkan empat misil ke dekat arah Guam yang merupakan kawasan militer As. Tindakan tersebut dilakukan oleh Kim sebagai bentuk peringatan buat As. Apalagi sebelumnya diketahui Presiden Amerika Donald Trump perna mengancam adanya kemarahan besar jika Korut mengancam As.

Atas tindakan yang dilakukan oleh Kim kemaren, Trump menegaskan bahwa dunia sudah mendaptakan pesan dari Korut dengan sangat jelas. As kemudian menyatakan sudah siap untuk mendiskusi beberapa opsi untuk merespons tindakan yang dilakukan oleh Korut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *