Raja Bhumibol Hembuskan Nafas Terakhir di usia 88 Tahun

Kabar duka datang melanda negeri Thailand, Raja Thailand Bhumibol Adulyadej wafat di usia 88 tahun pada hari Kamis, 13 Oktober 2016. Raja Bhumibol menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 15.52 dengan damai di Rumah Sakit Siriraj.

thailand-berduka-untuk-almarhum-raja-bhumibol-jk9

Pada 1 Oktober yang lalu, Raja Bhumibol menjalani tes yang mengungkap adanya infeksi darah dan ditemukan peradangan pada paru-paru kiri, disertai kandungan air di paru-paru.

Beliau ditobatkan sebagai salah satunya raja yang paling lama berkuasa di dunia. Beliau juga ditobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaan Bhumibol diperkirakan mencapai US$ 30 Miliar atau setara dengan Rp. 392.197 triliun.

Raja Bhumibol memiliki lebih dari 3.000 hektar lahan di pusat kota Bangkok. Kekayaan Beliau juga bersumber dari sektor properti, simpanan berlian, emas dan juga saham lainnya.

Data Forbes menyebutkan bahwa kekayaan Raja Bhumibol lebih dari 100 kali lipat dibandingkan dengan kekayaan Ratu Elizabeth dari Inggris. Beliau memiliki Golden Jubilee Diamond 545 karat, berlian potong terbesar di dunia.

Satu hal yang jelas siapapun yang akan menjadi Raja Thailand selanjutnya akan mewarisi kekayaan besar yang diperkirakan dipandang sebagai salah satu keluarga kerajaan terkaya di dunia.

Raja Bhumibol

Ternyata Raja Bhumibol sudah menghabiskan sebagian besar waktunya selama 2 tahun terakhir berada di rumah sakit karena Beliau terkena berbagai penyakit termasuk masalah jantung, pernapasan yang tidak teratur, dan tekanan darah tinggi. Raja Bhumibol sudah absen dari sorotan publik sejak setahun terakhir.

Dengan meninggalnya Raja Bhumibol, maka putranya Pangeran Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn yang kini berusia 63 tahun akan menjadi Raja Thailand yang baru.

Raja Bhumibol dipandang sebagai manusia setengah dewa yang menjadi perekat persatuan bangsa Thailand. Bhumibol merupakan raja yang ke-9 dari Dinasti Chakri yang sudah berkuasa sejak tahun 1782 yang lalu.

Bhumibol tidak dikenal dengan gaya hidup yang terlampau mewah walaupun ia memiliki harta kekayaan yang banyak. Namun ia tetap menjalani kehidupan elit modern ala seorang raja.

Bhumibol tetap mengikuti balapan yacht dan tampil di acara-acara resmi dengan memakai jubah berukir emas. Selama 70 tahun, Bhumibol memimpin negri dan sudah melewati masa-masa sulit perang dingin dan konflik dengan sejumlah negara tetangga.

Untuk berita lainnya, klik disini ….!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *