Pentingnya Peran Cina Dalam Perdagangan Di Indonesia

Pentingnya perdagangan China dengan Indonesia

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menilai, bahwa gejolak yang terjadi di Amerika Serikat. Dan hal itu tidak akan berpengaruh langsung terhadap Indonesia. Pasalnya, ekonomi nasional lebih terpengaruh terhadap China dibandingkan dengan Amerika Serikat. Dikarenakan, kondisi perekonomian Republik Rakyat Cina (RRC) yang cenderung menempati level tertinggi. Sehingga membuat para ekonomi memprediksi bahwa pemerintah RRC diperkirakan akan tetap mempertahankan ekonomi tahunannya.

Pentingnya perdagangan China dengan Indonesia

Sebagai salah satu negara yang memiliki peran penting dalam perdagangan indonesia, kebijakan ekonomi negara Cina. Tentunya akan memberikan dampak positif untuk menjalin hubungan perdagangan antar negara. Adanya liberalisasi perdagangan antara Indonesia dan Cina sebagai akibat dari penandatangan perjanjian Asean China Free Trade Agreement pada tahun 2007. Tentunya berdampak pada peningkatan volume perdagangan antar kedua negara.

Pemerintah Cina tentunya akan berusaha untuk menggerakan setiap komponen pertumbuhan ekonominya untuk dapat mencapai bahkan melampaui target pertumbuhan tersebut. Fakta bahwa pasar perdagangan Cina tidak hanya berada di dalam negeri. Tetapi telah menyebarluas seluruh dunia termasuk pasar ASEAN dan Indonesia. Yang menjadikan setiap negara sebagai mitra perdagangan Cina untuk mengantisipasi dampak positif dan negatif dari kebijakan pemerintah Cina ini.

Meskipun Cina memiliki jumlah penduduk cukup besar, namun pusat perdagangan Cina sesungguhnya tersebar hampir di seluruh belahan dunia. Disisi lain, Cina termasuk salah satu negara yang cukup efisien dalam melaksanakan kegiatan produksinya. Karena Cina mampu memproduksikan barang dengan harga jual yang sangat murah. Dan Bila dibandingkan dengan barang yang sama yang diproduksi oleh negara lain. Biaya input produksi pun yang cukup murah. Jika ditambah dengan jumlah produksi yang cukup besar menjadi faktor pendukung bagi Cina. Dimana China mampu untuk memproduksi barang dengan harga yang sangat kompetitif.

Pentingnya perdagangan China dengan Indonesia

Melalui dukungan pasar yang sangat luas dan produk perekonomian yang cukup kompetitif, Cina mampu menaikan nilai ekspornya. Dampak positifnya, setiap tahun Cina mampu mencatatkan surplus perdagangannya dengan mitra dagangnya, salah satunya adalah Indonesia. Tingkat pertumbuhan ekonomi Cina yang cukup tinggi selama tahun ke tahun tentunya akan meningkatkan jumlah ketersediaan modal didalam negeri. Salah satu indikatornya adalah tingginya jumlah tabungan (S) di dalam negeri. Kedua faktor ini menunjukan bahwa upaya pemerintah Cina untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Dan hal ini  akan berimbas kepada perekonomian negara-negara lain. Baik dalam negri maupun perdagangan dunia.

Untuk Berita Lainnya Silakan Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *