5 Pemimpin ini Terkenal Dengan Korupsinya

LiputanInformasi.com – Korupsi bisa dibilang adalah sebuah penyakit yang tiba-tiba bisa menjangkit kepada siapapun tanpa terkecuali. Banyak yang belum mengetahui apa itu arti korupsi sebenarnya. Korupsi rasuah yang bahasa latinnya Corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok.

Definisi korupsi adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Pemimpin adalah sebuah tugas yang diberikan kepada seseorang yang bertujuan untuk mampu mengatur dan membuat hal yang dipimpin itu menjadi lebih baik. Pemimpin ataupun pejabat negara seharusnya menjadi contoh yang baik bukannya malah menjadi contoh yang tidak baik yaitu dengan melakukan korupsi.

Inilah beberapa contoh pemimpin negara yang sudah terkenal suka korupsi.

1. Alberto Fujimori – Peru

President Peru

Ketika uang dan jabatan telah dikuasai, saat itulah seseorang semakin mudah dengan yang namanya korupsi. Seperti hanya Alberto Fujimori, mantan Presiden Peru ini seolah tak memperdulikan rakyatnya dan hanya sibuk mencuri uang negara. Selama 10 tahun kepemimpinannya, Fujimoro telah berhasil meraup US$ 600 juta dari uang kas negara.

2. Joseph Estrada – Filipina

filipina

Keterlibatan Joseph Estrada dalam kasus korupsi sebenarnya sudah tercium jauh sebelum ia terpilih menjadi presiden. Sayangnya pada saat itu belum ada bukti kuat yang terkait dugaan ini. Sementara itu, Estrada dengan jeli menyuarakan akan mengurangi angka kemiskinan di Filipina. Siapa yang menyangka berkat kampanye tersebut ia berhasil unggul dalam pengambilan suara.

Setelah menjadi presiden Filipina, apa yang dijanjikan Estrada sebelumnya tidak benar-benar tercipta. Janjinya untuk mengurangi kemiskinan malah menjadi kebalikan yaitu ia terlibat dalam kasus korupsi yang diperkirakan mencapai US$ 80 juta. Sejak saat itu citranya sebagai presiden langsung hancur dan rakyat mulai kesal dengan ulah pemimpinnya sendiri.

3. Mobutu Sese Seko – Zaire

Zaire's President Mobutu Sese Seko leans on his cane during press conference on the South African naval vessel Outeniqua off Pointe Noire [with rebel leader Laurent-Desire-Kabila and chaired by South African President Nelson-Mandela] May 4. [Mobutu proposed to hand over power to an elected president according to a UN envoy.] - RTXHJDU

Mobutu Sese Seko termasuk ke dalam pemimpin negara dengan masa jabatan terlama di dunia. Ia menjadi Presiden Zaire dari tahun 1969 sampai 1997 (28 tahun). Selama itu pula Seko berhasil mengelabui hukum dinegaranya sendiri untuk lolos dari kasus korupsi.

Tetapi pada akhirnya Seko terbukti menyelewengkan dana negara yang mencapai US$ 5 miliar untuk keperluannya sendiri.

4. Jean-Claude Duvalier – Haiti

haiti

Sebagai penguasa negeri, seseorang dengan bebas melakukan apa saja tanpa sepengetahuan rakyatnya. Mungkin prinsip itulah yang ada dibenak Jean-Claude Duvalier. Tingkah dari mantan Presiden Haiti ini telah dicurigai dan kecurigaan tersebut adalah benar. Duvalier berhasil mendapatkan uang sebesar US$ 800 juta hasil dari korupsi selama 15 tahun masa kepemimpinannya.

5. Slobodan Milosevic – Yugoslavia

yugoslavia

Yugoslavia memiliki pemimpin yang cukup terkenal yaitu Slobodan Milosevic. Sayangnya, prestasi yang ia raih bukan dari segi positf, melainkan sebaliknya. Milosevic menyalahgunakan posisinya sebagai pemimpin negara dengan memanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Ia diduga telah mengkorupsi uang rakyat yang mencapai angka US$1 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *