Pemicu Stress pada Diri Seseorang

Pemicu Stress pada Diri Seseorang yang Sangat Merugikan Fisik maupun Psikis

LiputanInformasi – Pemicu Stress pada diri seseorang ada bermacam macam, bisa dari faktor external ( luar) maupun dari Internal (dalam diri). Stress merupakan gangguan mental yang dialami oleh seorang individu karena suatu tekanan. Tekanan yang di alami muncul karena suatu kegagalan dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan.

Yang di alami seseorang pada saat stress berat adalah tekanan darah menjadi tinggi, sariawan , mood yang kurang bagus, sulit untuk membuat keputusan yang biasanya di lakukan, selera makan berkurang dsb. Beberapa riset juga menyimpulkan stress dapat menciapatkan perubahan dalam metabolisme , detak jantung yang cepat serta tarikan nafas yang tidak stabil. Bukan hanya itu tekanan darah juga menjadi tinggi, sakit kepala yang berkelanjutan dan resiko serangan jantung meningkat lebih tinggi.

Bagi orang yang bisa mengendalikan diri serta emosinya tidak perlu takut akan stress tetapi yang sebaliknya justru sangat mengganggu kehidupan, kesehatan maupun produktivitasnya. Jika dibiarkan terus menerus akan berpengaruh pada pola pikir serta kesehatan jiwa dan raga.

Beberapa masalah yang dapat memicu Stress Berat

Adanya Konflik dalam Hubungan
Menurut Penelitian seorang individu yang sedang mengalami konfik dalam hubungan akan mengalami stress berat seperti rambut rontok. Orang yang lebih banyak waktu dengan orang yang dicintainya atau hewan peliharaannya cenderung lebih mudah mengatasi stres yang dirasakannya. Sifat terlalu peka atau sensitif kadang memang membuat gampang stres. Bahkan saat seorang mengalami perasaan kurang kasih sayang, ia bisa langsung tertekan dengan kata lain Stress.

Pemicu Stress pada Diri Seseorang yang Sangat Merugikan Fisik maupun Psikis

Masalah Pada Anak
Buat yang sudah menikah dan punya anak, penting sekali menjaga hubungan yang baik dengan anak. Karena jika ada masalah yang berhubungan dengan anak, sesorang bisa langsung mengalami stress. Jadi sangat perlu menjaga hubungan dengan anak tetap baik.

Pekerjaan yang Tiada Habisnya
Sekuat apapun seseorang jika di hadapakan pada pekerjaan yang tidak habis habisnya orang tersebut akan mengalami stress. Apalagi jika tidak memiliki waktu jeda istriahat yang cukup maka tekanan yang di rasakan akan begitu berat.

Beban Kerja
Bekerja keras boleh saja tetapi jangan sampai lupa untuk istirahat dan meluangkan waktu untuk rileks.  jangan sampai menghabiskan waktu seharian di tempat kerjaan yang penuh tekanan karena sangat rentan mengalami stress.

Kebutuhan Nutrisi yang Tidak Tercukupi
Kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh bisa memicu seorang mengalami stres. Jika tidak ingin gampang stress selalu pastikan kebutuhan gizi dan nutrisimu terpenuhi. Cuma sayangnya kebanyakan orang melampiaskan emosinya dengan mengonsumsi junk food saat sedang stres. Kondisi ini jelas akan memperburuk semuanya.

Wanita sangat rentan terkena Stess dan Pria punya masalahnya sendiri yang memicu stess.  Pria punya kecenderungan memiliki masalah sulit mengontrol emosi dan gampang kecanduan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *