Ngemil kacang ternyata banyak manfaatnya loh, ini selengkapnya

Ngemil kacang tidak selamanya buruk, ternyata di balik itu ada manfaatnya juga lo

Liputaninformasi – Ngemil kacang, Kacang merupakan tanaman polong polongan yang berasal dari Amerika Selatan , Brazil. Namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis.  Kacang merupakan sumber protein nabati dan lemak minyak.

Beberapa orang tidak selalu menyukai makan kacangan, dan alasan yang sering di kemukakan seperti
– penyebab timbulnya jerawat
– lergi pada badan setelah mengkonsumi
– panas dalam

Tetapi perlu di ketahui, kacangan memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan jika di konsumi setiap hari dengan takaran yang pas. Sumber proten dan lemak yang diperoleh dari kacangan sangat bagus untuk kesehatan.

Beberapa manfaat kacang jika di konsumsi setiap hari

  • Kacang ternyata sangat ampuh dalam menurunkan risiko kanker. Kacang mengandung poli-fenolik anti-oksidan yang mencegah kanker lambung. Kacang tanah juga mengikat bahan karsiogenik. Mengonsumsi kacang secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko kanker kolon secara signifikan.
  • ternyata kacang juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kacang mampu menyumbang lemak mono-saturated dan poli-saturated. Selain itu, asam oleat yang ada dalam kandungan kacang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Kacang juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini disebabkan oleh kandungan resveratol yang mampu meningkatkan sirkulasi ke otak. Selain itu, kacang juga menawarkan vitamin B3 yang meningkatkan fungsi otak.
  • Kacang juga mencegah depresi. Kacang mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Zat ini berperan dalam produksi serotonin. Jadi, kacang memiliki potensi untuk mencegah depresi.
  • Yang paling mengejutkan adalah khasiat yang satu ini. Ternyata kacang mampu mencegah batu empedu. Dengan mengonsumsi 300gm kacang setiap hari, maka dikatakn mampu mengurangi risiko pembentukan batu empedu.
  • Kacang juga dapat mencegah penyakit Alzheimer. hal ini disebabkan oleh kandungan niacin di dalam kacang yang menurut sebuah penelitian, nutrisi tersbeut dikatakan ampuh dalam meminimalkan risiko penyakit Alzheimer.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *