Nadia Murad Budak Seks ISIS Yang Berhasil Kabur, Ini Kisah Mengharukannya!

Nadia Murad Budak Seks ISIS Yang Berhasil Kabur

LiputanInformasi.com – Seorang pegiat Yazidi dan bekas budak seks ISIS, Nadia Murad tiba di kampung halamannya di Kojo, Irak, Kamis (1/6). Ini merupakan kali pertama Nadia kembali ke desanya setelah diculik dan dijadikan budak seks oleh ISIS pada Agustus 2014 lalu.

Nadia berhasil melarikan diri dari ISIS setelah kabur ke sebuah kamp pengungsi dan kemudian pergi ke Jerman.

b1624fefbd742765a3a56d130372bdf7

Nadia Murad masih mengingat jelas, hari ketika kebebasan dan harkatnya sebagai manusia terenggut angkara ISIS. Deritanya berawal saat para teroris menyerbu desanya di Sinjar, Kurdistan.

“Dini hari itu, 3 Agustus 2014, mereka menyerang kami,” kata Nadia seperti dikutip dari CNN, Senin (20/3/2017).

“Hampir 6.500 perempuan dan anak Yazidi diculik, dan sekitar 5.000 orang warga dibunuh hari itu saja. Selama delapan bulan, mereka memisahkan kami dari ibu dan saudara-saudara kami. Sebagian dari mereka dibunuh dan yang lainnya menghilang tanpa penjelasan.”

Ibu Nadia dan enam dari saudara lelakinya, kandung maupun tiri dieksekusi.

Gadis malang itu dan perempuan-perempuan lain yang belum menikah dijadikan budak seks dan dipindahtangankan ke satu militan ke militan ISIS yang lain. Diperlakukan sebagai barang, bukan manusia bernyawa.

nadia-murad

Pada suatu ketika, cerita Nadia, ia menjadi objek penghukuman kejam, setelah upayanya yang gagal untuk kabur. Ia diperkosa beramai-ramai oleh para pria bejat itu.

“Mereka menjual para gadis, yang masih di bawah umur. ISIS berdalih hal itu dibolehkan,” kata Nadia.

Didampingi pengacara hak asasi manusia, Amal Clooney, Nadia meminta Pemerintah Irak dan PBB menggelar penyelidikan untuk menyeret mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan.

Sementara, Amal Clooney mengatakan, perlakuan kejam pada warga Yazidi masih berlanjut hingga kini. Menurut dia, lebih dari 6 ribu warga Yazidi masih disekap, beberapa di antaranya adalah keluarga Nadia Murad

Nadia Murad Budak Seks ISIS Yang Berhasil Kabur
Baca Juga: Presiden Soekarno Berpidato Proses Lahirnya Pancasila, Ini Videonya!

“Ini adalah saatnya,” kata dia. “Untuk menyeret ISIS ke pengadilan atas ‘kejahatan terburuk sepanjang generasi kita’ yang mereka lakukan,” kata dia.

Clooney menambahkan, saat ini kampanye militer dilakukan untuk menumpas ISIS. Namun, kata dia, “yang kami inginkan adalah melihat mereka di pengadilan.”

Pengacara kelahiran Beirut, Lebanon tersebut mengatakan, sama sekali belum ada dakwaan yang diajukan kepada ISIS di pengadilan mana pun di muka Bumi.

“Atas kejahatan terhadap warga Yazidi yang mereka lakukan atau kejahatan internasional lainnya,” tambah dia.

Kisah Nadia pun menjadi sorotan dunia. Dia mennyerukan dukungan bagi minoritas Yazidi di Dewan Keamanan PBB pada 2015. Kini, Nadia terpilih menjadi Duta Besar Goodwill PBB.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *