Mewarnai Rambut, Alergi Wanita Ini Mengerikan

Mewarnai Rambut

LiputanInformasi.com – Mewarnai rambut, iya hal itu sedang tren saat ini. Mewarnai rambut bisa membuat penampilan seseorang terlihat berbeda. Tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang mengubah warna rambutnya. Hal itu ditunjang pula oleh tren warna rambut yang berbeda-beda setiap tahunnya.

Ada berapa jenis cat rambut yang sering digunakan untuk menjadikan rambut terlihat lebih stylish dan kekinian, diantaranya adalah:

  1. Cat Rambut Permanen
    Teknik yang digunakan dalam pewarnaan permanen adalah teknik oksidasi menggunakan ammonia dan hydrogen peroksida. Berfungsi untuk memudarkan warna asli rambut sehingga mudah untuk diwarnai dengan warna apa yang diingankan. Tingkat bahan kimia didalam cat rambut permanen lebih besar dari jenis cat rambut lainnya.
  2. Cat Rambut Semi Permanen
    Jenis cat rambut semi permanen ini juga menggunakan bahan kimia yang sama dengan cat rambut permanen tetapi dalam kadar yang lebih rendah. Meskipun memiliki kadar bahan kimia yang rendah, tetapi bukan berarti tidak dapat memicu timbulnya kanker berbahaya karena mengandung cool-tar.
  3. Cat Rambut Temporer
    Bahan kimia yang terkandung tidak meresap ke dalam rambut jika melakukan cat rambut temporer. Warnanya akan hilang dengan hanya sekali keramas saja. Biasanya jenis cat rambut temporer diproduksi dalam bentul gel, spray, shampoo, dan foam sehingga lebih mudah digunakan. Tetapi masih tetap sama saja, cat rambut ini juga mengandung cool-tar yang memicu timbulnya kanker berbahaya.

Bahaya tersebut telah diuraikan dengan jelas tetapi terkadang kita akan melakukan hal apapun untuk mendapatkan penampilan yang maksimal dengan warna rambut yang mempesona setiap orang yang melihatnya.

REAKSI ALERGI YANG PARAH

Contohnya adalah pengguna Imgur dengan nama akun thechosenginger  mengunggah beberapa foto selfie yang ia ambil beberapa hari setelah melakukan pewarnaan rambut. Ia mendapati alergi yang di karenakan pewarna rambut.

Setelah selesai melakukan pewarnaan rambut, awalnya ia terlihat mempesona dengan warna rambut yang cocok dengannya.

thechosenginger

Namun di hari pertama saat terkena alergi, wajahnya langsung membengkak parah dan menjadi seperti ini.

mewarnairambut

Wanita tersebut pun langsung di bawa ke UGD. Lalu dikabarkan ia mulai mendingan hari demi hari. Dan di  hari keenam wajahnya mulai normal kembali.

day6

Menurut National Health Service, beberapa orang memang rentan terhadap reaksi alergi yang terjadi pada kulit. Ketika kulit bersentuhan dengan substansi tertentu, kulit bisa menjadi gatal dan sakit. Beberapa pewarna rambut memang berisi zat kimia yang disebut PPD (paraphenylenediamine), yang bisa membuat iritasi dan alergi.

BACA JUGA >>> Deddy Corbuzier Menantang Mario Teguh

Untuk itu, penting dilakukannya tes alergi. Teteskan sedikit pewarna rambut dibelakang telinga dan tunggu beberapa jam. Jika tidak ada reaksi apapun, maka pewarna rambut aman digunakan.

Debra Jaliman, seorang dermatologis asal New York mengungkapkan alergi pewarna rambut memang jarang, hanya terjadi di antara 250 ribut orang.

Namun, terdapat kasus yang lebih parah lagi. Seorang wanita 39 tahun meninggal karena reaksi alergi pewarna rambut L’Oreal. Kasus tersebut menjadi kasus kematian ketiga didunia dikarenakan reaksi alergi PPD.

Sampai saat ini hanya terdapat kasus alergi dengan cat rambut dan masih belum ada terjadi kasus mengidap kanker berbahaya karena mewarnai rambut. Berhati-hatilah dalam pemakaian cat rambut, jangan sampai Anda menjadi korban selanjutnya.

Satu tanggapan untuk “Mewarnai Rambut, Alergi Wanita Ini Mengerikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *