Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes Penyakit Global yang Telah Banyak Penderitanya

liputaninformasi.com Diabetes atau yang sering kita sebut Kencing Manis merupakan penyakit yang kekurangan insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin yang mengganggu metabolisme tubuh.

Gejala yang di timbulkan penyakit ini sepeti kehilangan bobot berat badan. Adapun beberapa gejala yang di timbulkan dari penyakit ini seperti pandangan kabur, sakit kepala, penyembuhan luka yang lambat,  dan gatal gatal.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  menyatakan dari tahun ke tahun jumlah penderita diabetes meningkat tajam. Negara yang paling banyak penderitanya adalah negara negara Berkembang di seluruh dunia.

Penyakit ini di picu dengan orang yang kelebihan berat badan dan kegemukkan. Perlu melakukan pencegahan agar penyakit ini tidak semakin bertambah penderitanya. Perlu di perhatikan gaya hidup sehari harinya seperti makan secara sehat, selalu aktif bergerak, dan kurangi berat badan yang berlebihan.

Penyakit diabetes ini tidak menular seperti penyakit kronis. Penyakit ini di tandai dengan peningkatan kadan gula dalam darah. Penyakit ini timbul ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin yang berfungsi mengatur gula darah.

Perlu Pencegahan Sejak Dini agar Penderitanya tidak Bertambah lagi

Komplikasi diabetes dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal dan amputasi tubuh bagian bawah. Tiap tahun orang yang terjangkit penyakit ini bertambah terus. Penyakit ini juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah dan penyakit lainnya.

Penyakit ini dapat di cegah dan di tangani tetapi perlu adanya kesadaran semua pihak. Bagi para penderita di berikan motivasi dengan meningkatkan ksempatan orang yang menderita untuk hidup lebih lama dan sehat.

Komplikasi yang di timbulkan seperti gagal ginjal yang paling banyak di temukan, kerusakan retina mata yang menyebabkan kebuataan, dan kerusakan saraf dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan impotensi dengan resiko amputasi.

Pendalian tehadap penyakit ini sangat dieperlukan seperti :
– Memberitahukan ke pasien bahwa penyakit ini tidak dapat di sembuhkan, tetapi bisa di kendalikan dan pengendalian ini dilakukan seumur hidup

– Menjaga pola makan yang di tentukan, jika makanan melebihi diet yang di tentukan, maka kadar gula akan meningkat

– Olahraga di perlukan untuk membakar kadar gula berlebih yang ada di dalam darah

– Obat Obatan juga di perlukan, jika kadar gula darah telah turun dengan minum obat bukan berarti telah sembuh, tetapi juga harus di kontrol dengan cara konsultasi ke dokter agar dapat memberikan obat dengan dosis yang lebih rendah.

 

Satu tanggapan untuk “Mengenal Penyakit Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *