Manfaat tepung kanji untuk kesehatan tubuh yang perlu di ketahui

Manfaat tepung kanji yang baik untuk kesehatan tubuh

Liputaninformasi.com – Manfaat tepung kanji, Tepung kanji adalah tepung dari singkong. Tepung kanji juga sering disebut tepung tapioka atau aci dalam bahasa Sunda. Tepung kanji atau tapioka sekilas mirip dengan tepung sagu karena memang keduanya bahan substitutif. Tepung kanji memiliki sifat-sifat yang mirip dengan tepung sagu. Keduanya mampu merekatkan bahan-bahan sehingga banyak digunakan sebagai perekat pada makanan dan dijadikan lem. Tepung kanji memiliki bentuk serbuk berwarna putih. Tepung kanji berbeda bila dirasakan dengan jari tangan sebab memiliki tekstur yang kesat, ringan, dan mudah melekat. Tepung kanji mudah ditemui di pasaran. Tepung kanji dijual dalam plastik atau sesuai takaran. Tepung kanji banyak digunakan di masakan Asia seperti bakso.

Pernahkah kamu mendengar kata tepung kanji? Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, tepung kanji memiliki nama lain yaitu tepung tapioka.

Tepung yang terbuat dari tanaman singkong ini ternyata bebas gluten sehingga bisa dikonsumsi mereka yang alergi terhadap gluten. Tepung tapioka juga mengandung selenium, tembaga, kalsium, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, serta panthothenic.

Manfaat tepung kanji yang baik untuk kesehatan tubuh

Beberapa manfaat kesehatan dalam mengonsumsi tepung kanji

#Menyehatkan pencernaan
Tepung kanji tinggi serat yang bekerja secara efisien untuk menyehatkan pencernaanmu. Konsumsi kanji secara teratur untuk mencegah sembelit, nyeri usus, perut kembung, dan bahkan kanker usus.

#Melancarkan sirkulasi darah
Tepung kanji mengandung zat besi. Tubuh membutuhkan zat besi untuk menghasilkan sel darah baru, mencegah anemia, dan melancarkan sirkulasi darah.

#Tinggi asam folat
Tepung kanji juga mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu.

#Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium yang ada di dalam tepung kanji membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan arteri. Sementara kandungan potasiumnya juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

#Menambah berat badan dengan cara yang sehat
Jika kamu merasa kekurangan berat badan, konsumsilah tepung kanji. Sebab tepung ini kaya karbohidrat sehat namun tidak mengandung lemak jenuh atau tinggi kalori.

#Menguatkan tulang
Makan tepung kanji juga baik untuk mendukung kesehatan tulangmu. Sebabnya tepung kanji mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K yang membantu mencegah osteoporosis dan osteoarthritis.

Mendukung sistem metabolisme
Tak banyak yang tahu bahwa tepung kanji mengandung protein berbasis nabati yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuhmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *