Manfaat Buah Nangka Yang Dapat Mencegah Kanker

Manfaat Buah Nangka Yang Dapat Mencegah Kanker

Liputaninformasi – Manfaat Buah Nangka Yang Dapat Mencegah Kanker , Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Nangka terutama dipanen buahnya. “Daging buah” yang matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain.

Nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minuman, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Biji nangka, dikenal sebagai “beton”, dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Manfaat Buah Nangka Yang Dapat Mencegah Kanker

Biji nangka juga bisa dijadikan satu dengan masakan kolak nangka. Nangka maupun biji nangka juga bisa digabung dengan masakan kolak pisang atau buah sukun. Biji nangka juga bisa dijadikan tepung. Biji nangka yang direbus secara terpisah atau tidak diikutkan dalam masakan kolak, dapat dimakan seperti halnya kita makan singkong. Biji nangka bisa juga dimasak dengan cara digoreng.

Sampai saat ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Kanker juga telah menjadi salah satu penyakit yang ramai-ramai dicegah dan ditekan risikonya. ada banyak makanan dan minuman alami yang bisa dimanfaatkan untuk menangkal risiko kanker. Salah satunya adalah buah nangka.

Para ahli menemukan bahwa nutrisi, vitamin serta antioksidan yang terkandung di dalam buah nangka sangat baik dalam menangkal risiko kanker. Nutrisi tersebut juga sangat baik dalam membunuh sel kanker di tubuh. Tak hanya membunuh sel kanker, nutrisi yang terkandung di dalam buah nangka bahkan dipercaya bisa mencegah risiko berbagai penyakit kronis lainnya.

Buah nangka yang kaya akan kandungan fitonutrien, karbohidrat, elektrolit, serat, lemak, vitamin, mineral dan protein disebutkan mampu bantu kita dapatkan tubuh yang sehat dan lebih bugar. Buah dengan aroma yang khas dan rasa manis ini juga dipercaya bisa digunakan sebagai menu diet andalan. Walau mengandung banyak glukosa di dalamnya, buah nangka adalah buah yang sangat sehat. Buah ini juga rendah lemak.

Kandungan senyawa berupa fitonutrien, saponin, isoflavon, lignan dan antioksidan dalam buah nangka disebutkan mampu membunuh sel kanker dengan sangat baik di tubuh. Selain ampuh membunuh sel kanker, senyawa ini juga baik buat menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan organ dalam tubuh hingga menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *