Jokowi Akan Meluncurkan Tampilan Rupiah Baru Pada 19 Desember

Jokowi Akan Meresmikan Tampilan Baru Pada Rupiah

Liputaninforamsi – Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang baru pada tanggal 19 Desember 2016. Presiden Jokowi disebut akan meluncurkan 11 pecahan uang Rupiah baru tersebut.

“Pada tanggal tersebut peluncuran akan dilakukan di Jakarta dan diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo,” kata Kepala BI Kanwil Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir seperti ditulis Antara Semarang, Jumat (16/12).

Setelah itu, peluncuran baru akan dilakukan di daerah salah satunya di Jawa Tengah. Dikatakan, uang NKRI baru yang akan diluncurkan tersebut mulai dari seri pecahan besar sampai dengan uang logam.

“Nantinya kami akan melakukan sosialisasi baik melalui media masa maupun ke perbankan,” katanya.

Jokowi Akan Meresmikan Tampilan Baru Pada Rupiah

Dikatakan, waktu peluncuran tersebut tepat mengingat biasanya di akhir tahun transaksi keuangan yang dilakukan oleh masyarakat akan mengalami kenaikan. Dengan tingginya transaksi keuangan oleh masyarakat, diharapkan semakin cepat pecahan baru ini diketahui oleh masyarakat.

“Biasanya kalau untuk Natal dan tahun baru transaksi keuangan akan meningkat antara 10-15 persen dari transaksi harian,” katanya.

Biasanya peningkatan akan terjadi jelang minggu terakhir bulan Desember hingga usai tahun baru. Meski belum memastikan berapa besar, untuk menghadapi peningkatan tersebut pihaknya akan menyediakan tambahan uang tunai pada akhir tahun.

Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 yang terdiri dari 7 pecahan uang Rupiah kertas dan 4 pecahan uang Rupiah logam dengan gambar pahlawan. Uang baru ini rencananya akan dikeluarkan pada 19 Desember mendatang.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi menjelaskan, uang Rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.0000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang Rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

sumber : merdeka.com

Baca Juga Berita dan Informasi Lainnya Disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *