Fadli Zon Meminta Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Para Ulama

Fadli Zon Meminta Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Para Ulama

Liputaninformasi – Beberapa ulama di beberapa daerah saat ini menghadapi sejumlah kasus tuduhan kriminal di kepolisian. Sebagian dari mereka diduga menyebarkan opini kebencian kepada pemerintah dan tuduhan makar menggulingkan pemerintahan. Penangkapan tersebut juga mengundang reaksi di sebagian masyarakat dan kritikan dari sejumlah kalangan karena sudah dianggap kriminalisasi.

Atas kejadian tersebut,  Fadli Zon, Wakil Ketua DPR meminta kepada Presiden Jokowi untuk turun tangan melakukan intervensi terhadap kasus yang menimpa para ulama. Fadli juga berpendapat bahwa dalam kasus tersebut, para ulama telah menjadi korban atas pelanggaran HAM.

“Menurut saya Presiden Jokowi pantas intervensi, karena mereka korban pelanggaran HAM,” ujar Fadli Zon di komplek DPR/MPR RI, Sabtu (10/6/2017).

Baca Juga : Komnas Ham : Pemerintah Harusnya Bekerja, Bukannya Mengurusi Masalah Ormas
Fadli Zon Meminta Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Para Ulama

Fadli kemudian menegaskan bahwa jika para ulama tidak terbukti bersalah melakukan makar, maka sebaiknya para ulama dibebaskan. Namun jika kasus tersebut masih diperpanjang, maka hal tersebut sudah melanggar HAM dalam berpendapat. “Kalau mereka tak bersalah mereka harus dilepas. Kalau diperpanjang satu hari pun itu pelanggaran HAM,” ungkap Fadli.

Fadli juga mengatakan bahwa para ulama sudah bisa melaporkan kepada lembaga HAM Internasional atas kasus yang sedang menimpa mereka. Bahkan Fadli juga mengatakan bahwa sudah sangat sepantasnya jika Komnas HAM meminta untuk menghentikan kasus yang sedang menimpa para ulama.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *