Efek-efek Penuaan Yang Harus Dialami Oleh Setiap Manusia

Efek-efek Penuaan Yang Pasti Akan Dialami Oleh Tubuhmu!

Efek-efek Penuaan 

Liputaninformasi.com – Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia pasti akan menua. Tidak peduli berapa banyak krim anti penuaan yang Anda terapkan di wajah. Salah satu perubahan yang paling mencolok yang terjadi saat Anda bertambah tua adalah perubahan warna dan ketebalan rambut. Kulit juga menjadi keriput.

Selain pengaruh ini, berikut ini adalah beberapa efek penuaan lainnya di organ tubuh yang akan dialami setiap manusia.

Tulang
Tulang dikenal sebagai bagian tubuh yang terpenting, kuat dan keras karena terdiri dari banyak kalsium. Namun, tulang juga bisa memiliki masa kadaluwarsa yang terjadi karena bertambahnya usia. Beberapa efek berbahaya adalah arthritis dan osteoporosis.

Panca Indera
Kelima indra seperti mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit juga bisa menjadi penuaan seiring berjalannya waktu. Misalnya penglihatan menurun, kurang elastis, dan penurunan indera penciuman.

Efek-efek Penuaan Yang Pasti Akan Dialami Oleh Tubuhmu!

Ginjal
Ginjal memiliki fungsi penting untuk menyaring limbah dan menciptakan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Karena gaya hidup, pola makan yang salah, dan penuaan, ginjal bisa mengalami penurunan fungsi dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Otak
Selain Tulang, otak juga merupakan bagian tubuh yang paling penting. Otak juga bekerja setiap saat. Otak yang terdiri dari jutaan neuron ini akan mengurangi jumlah neuron seiring berjalannya waktu. Akibatnya, akan terjadi penurunan fungsi kognitif seperti kehilangan ingatan dan kemunculan Alzheimer.

Sistem Saraf
Bukan hanya otak, bagian penting lainnya adalah sistem saraf tulang belakang. Saraf tulang belakang terdiri dari lempeng antara tulang yang bisa sulit dan mudah dikenali karena usia. Kondisi ini akan menyebabkan turunnya daya dukung dan memberi tekanan lebih pada tulang belakang. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit dan penurunan refleks dan keseimbangan.

Efek-efek Penuaan Yang Pasti Akan Dialami Oleh Tubuhmu!

Sistem Pernapasan
Paru-paru adalah bagian utama dari sistem pernafasan. Karena paru-paru sebagian besar tersusun dari otot, paru-paru juga bisa merosot. Jadi kapasitas menahan udara di paru-paru berkurang dan membuat nafas jadi sesak dan sesak.

Sistem Pencernaan
Perut selalu mencoba mencerna segala sesuatu yang Anda makan. Tapi seiring bertambahnya usia, cairan dan pekerjaan pencernaan akan berkurang. Inilah yang membuat orang tua sering mengalami gangguan pencernaan seperti kembung, gas, dan konstipasi.

Organ Reproduksi
Penuaan juga bisa berpengaruh pada organ reproduksi, baik pria maupun wanita. Jika seorang wanita mengalami menopause, pria mungkin mengalami penurunan gairah seks karena kadar testosteron menurun di tubuh.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *