Datang Bulan Fakta Fakta yang Perlu di Ketahui

Datang Bulan Merupakan Siklus yang Di Alami Setiap Wanita

LiputanInformasi Datang bulan merupakan suatu keadaan yang di alami setiap wanita di dunia yang merupakan suatu hormon reproduksi. Datang bulan terjadi setiap bulannya dengan siklus rata rata 28 hari. Darah yang keluar mula mula berwarna hitam, kemudian berubah antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh hitam dan putih. Dan yang paling terakhir putih bersih tanda selesainya haid.

Datang bulan merupakan siklus yang di hadapi setiap wanita. Haid terkandang juga tidak selalu di tanggal yang sama setiap bulannya. Kadang bisa maju kadang bisa mundur. bagi yang sudah menikah terlambat datang bulan bisa menjadi tanda tanda kehamilan.

Tetapi terlambat datang bulan kadang bukan merupakan tanda kehamilan loh. Ada beberapa faktor yang memicunya di antaranya :

Datang Bulan Merupakan Siklus yang Di Alami Setiap Wanita

Stres

Ketika Stress melanda, tubuh kita dengan sendirinya mengeluarkan hormon stress. Dengan adanya hormon stess ini mempengaruhi otak untuk menunda ovulasi dan menarik semua hormon yang berperan dalam siklus menstruasi. Alhasil menjadi terlambat datang bulan.

Masalah Tiroid

Tiroid merupakan bagian dari sistem yuang berkaitan erat dengan sistem reproduksi. Ketika mengalami masalah ini tubuh akan mengalami kelelahan yang amat sangat, sembelit, rambut rontok, serta keluarnya darah yang berlebihan ketika sedang datang bulan. Jika mengalami kelenjar tiroid yang berlebih maka akan mengalami penurunan berat badan, detak jantung yang cepat, sulit untuk tidur, merasa gelisah dan tidak teraturnya siklus haid.

Berat Badan Turun 

Wanita yang memiliki berat badan yang kurang biasanya cenderung sering terlambat di sebabkan karena kekurangan lemak di dalam tubuh. Karena kurang nya lemak inilah menyebabkan siklus haid menjadi terganggu. Lemak ini berguna menyeimbangkan hormon agar jadwal datang bulan menjadi normal.

Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk juga menjadi salah satu masalah terlambatnya haid, karena kurangnya nutrisi, zat antioksidan  dsan juga serat yang bisa menyebabkan jadwal haid menjadi terganggu. Untuk menghidari ini ini bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan  juga sayur sayuran segar untuk membuat siklus menstruasi menjadi normal.

Olahraga Berlebihan

Olahraga yang terlalu berlebihan ternyata bisa menganggu jadwal haid. Jika terlalu belebihan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi bisa membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Menurut penelitian atlet wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur karena olahraga terlalu berlebihan.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *