Dalai Lama Mengunkap Kesedihannya Atas Kekerasan Terhadap Rohingnya

Dalai Lama Mengunkap Kesedihannya Atas Kekerasan Terhadap Rohingnya

Liputaninformasi – Pemimpin spriritual Tibet, Dalai lama mengatakan sangat prihatin atas kejadian yang terjadi terhadap etnis Rohingnya di Negara Bagian Rakhine. Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu pihak militer Myanmar melakukan kekerasan terhadap warga muslim etnis Rohingnya.

Dalai Lama mengungkapkan kesedihannya atas kekerasan yang terjadi hingga menyatakan bahwa Sang Buddha akan menyelamatkan umat Muslim Rohingnya dari penderitaan.

“Mereka harus ingat, Sang Buddha pasti akan membantu orang-orang Muslim yang malang dalam keadaan seperti itu. Saya merasa ini sangat menyedihkan,” katanya di depan wartawan seperti dilansir dari laman CNN, Senin (11/9).

Dalai Lama Mengunkap Kesedihannya Atas Kekerasan Terhadap Rohingnya

Selain menyatakan dukungan dan kesedihannya, Dalai Lama juga berharap pemerintah Myanmar kembali mengikuti ajaran Buddha agar menghentikan penderitaan warga Muslim Rohingnya. “Myanmar harus mengikuti teladan Sang Buddha dan memberi bantuan terhadap warga minoritas Rohingya yang dianiaya di negara tersebut,” serunya.

Baca Juga : Myanmar Akhirnya Membantu Rohingnya Dengan Mendirikan Beberapa Tenda Pengungsian

Seperti yang diketahui, hampir 90% populasi Myanmar adalah umat Buddha. Umat Muslim Rohingya menjadi orang-orang terpinggirkan karena kepercayaannya. Bahkan orang-orang Rohingya tidak diberi hal kewarganegaraan Myanmar meski telah tinggal di sana selama beberapa generasi.

Imbasnya, hampir 300.000 orang telah meninggalkan negara tersebut dalam dua minggu terakhir. Mereka menyasar Bangladesh untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Di mata dunia, warga Muslim Rohingya tengah mengalami pembersihan etnis secara besar-besaran. Meski demikian, pemerintah setempat membantah telah terjadi krisis kemanusiaan di negara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *