Buang Air Besar Susah? Ini Cara Lancarkan Lagi

Buang Air Besar (BAB) merupakan proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap oleh tubuh. Namun jika anda mengalami kesulitan BAB akan menimbulkan masalah yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita, apalagi bagi pelaku diet.

Memperlancar buang air besar sangat memiliki banyak keuntungan yaitu mencegah terjadinya perut buncit, mengurangi resiko kanker usus, dan membantu mengontrol berat badan.

buang air

BAB perlu mengubah gaya hidup dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dan juga melakukan olahraga secara teratur.

Namun tahukah anda bahwa banyak yang menyebabkan kita untuk sulit buang air besar, hingga tubuh kita membutuhkan cara agar melancarkan buang air besar.
Ini beberapa cara nya :

1. Memperbanyak minum air putih
Air putih bekerja dengan cara membantu proses pencernaan sehingga memudahkan pembuangan limbah. Sangat dianjurkan meminum setidkanya 8 gelar air putih dalam sehari sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

2. Banyak Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayuran merupakan makanan yang paling sehat di planet bumi ini karena mengandung tinggi serat dan air yang alami sehingga dapat melancarkan buang air besar.

3. Makan secara perlahan-lahan
Mengunyah makanan dengan perlahan akan membantu tubuh kita menyerap nutrisi dengan sempurna. Karena jikalau kita terburu-buru dalam mengunyah makanan, tubuh tidak bisa memproses makanan dengan baik sehingga akan mengalami kesulitan BAB.

4. Banyak melakukan pergerakan
Aktivitas fisik seperti olahraga akan membantu tubuh mendapatkan pencernaan yang sehat. Semakin banyak kita bergerak, maka proses metabolisme bisa berjalan dengan baik termasuk dengan proses buang air. Lakukan aktivitas fisik sedikitnya 2-3 kali olahraga dalam seminggu.

5. Hindari tidur setelah siap makan
Usahakan jangan langsung tidur ketika selesai makan karena akan menyebabkan proses pencernaan menjadi kacau sehingga makanan tidak terproses sebagaimana mestinya. Minimal 6 jam sebelum tidur kita makan, agar 6 jam sebelum itu kita masih memiliki aktivitas yang ringan.

6. Memperlancar dengan mengkonsumsi fermentasi
Makanan fermentasi akan membantu kita untuk penyembuhan sembelit, seperti misalnya yogurt yang dilengkapi dengan probiotik alami yang mampu menekan pertumbuhan bakteri merugikan di usus.

7. Hindari duduk terlalu lama
Duduk dalam waktu yang lama akan mengakibatkan sembelit. Jadi usahakanlah jika duduk terlalu lama, berdiri sejenak dan lakukan gerakan yang ringan, dan juga jangan lupa untuk sering mengkonsumsi air putih.

Berita lainnya, klik disini ….!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *