Manfaat Konsumsi Beras Merah dapat Sembuhkan Penyakit

Pernahkah anda mengkonsumsi beras merah?
Beras merah ialah salah satu makanan pokok yang menjadi saudara dari beras putih. Beras tersebut sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan dan juga bagi penderita penyakit diabetes.
beras-merah

Beras merah termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Cara mengkonsumsi beras merah sama seperti dengan makan nasi putih yang umumnya dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tahukah anda bahwa jika kualitas beras ini lebih baik dibanding dengan beras putih?

Berasmerah mengandung satu zat nutrisi di dalam tiap butir beras merah yang bernama antosianin, zat ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti sebagai antioksidan, antihipertensi, antiglisemik, dan antikanker.

Pada tiap butir berasmerah ini memiliki bungkusan yang berwarna merah, lapisan ini dinamakan sebagai lapisan pelindung bijirin. Di lapisan tersebutlah tersimpan sejuta manfaat di dalamnya karena terdapat kandungan serat dan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Setiap 1,5 cangkir beras tersebut jika dimasak, beras ini kurang dari 110 kalori. Presentase kandungan nasi merah :

– Karbohidrat – 85 % ( 8% berasal dari protein dan 7% lemak )
– Serat – 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
– Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin)
– Magnesium, fosfor dan kalsium – untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
– Kalium, untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

Beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi beras merah bagi kesehatan tubuh kita :
* Mengandung serat yang tinggi
Kandungan serat dari beras ini memang cukup tinggi dibanding dengan beras putih. Serat yang terkandung dapat memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dari dalam.

* Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes
Di setiap butir berasmerah ini terdapat kandungan indeks glikemik dalam jumlah yang rendah, yang akan mengatur kadar gula di dalam darah. Kandungan kalori beras merah lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

* Beras merah dapat Menjaga kesehatan tulang
Beras ini mengandung nutrisi magnesium dan zat vitamin D yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

* Beras merah dikonsumsi untuk orang yang melakukan program diet
Manfaat berasmerah untuk diet yang ditempatkan sebagai pengganti manfaat nasi putih, dapat membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan glikemiks rendah pada nasi merah sangat baik bagi orang yang menjalankan program diet karena mengendalikan penyerapan kalori terlebih pada tubuh. Bagi orang yang menjalankan program diet, sangatlah direkomendasi untuk mengkonsumsi berasmerah, bukan beras putih.

Untuk berita lainnya, klik disini …..!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *