Kepadatan tulang ; Beberapa hal yang membuat kepadatan tulang tiba tiba menurun

Kepadatan tulang sangat penting yang menopang tubuh setiap makhluk hidup

Liputaninformasi.com Kepadatan tulang, Tulang atau kerangka adalah penopang tubuh Vertebrata. Tanpa tulang, pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur. Pertumbuhan tulang selengkapnya terbentuk pada umur lebih kurang 30 tahun. Setelah itu ada juga perubahan yang disebut remodelling.

Tulang merupakan reservoir terbesar dari kalsium dan phosphate. 99% kalsium terdapat di tulang (1000 gram) dari jumlah kalsium tubuh, sedangkan phosphate dalam tulang mencapai 90% dari phosphate dalam tubuh. SD.

Dari segi bentuk, tulang dapat dibagi menjadi 4:tulang pipa (seperti tulang hasta dan tibia), tulang pipih (seperti tulang rusuk, tulang dada), tulang pendek (tulang-tulang telapak tangan, pergelangan tangan) dan tulang tak beraturan (seperti tulang rahang, ruas tulang belakang).Menurut letaknya tulang dibagi dua, yaitu: Tengkorak (bagian kepala), dan rangka badan.

Saat kamu sedang berdiri atau duduk, tulang berperan penting untuk menyangga tubuhmu. Saat kamu masih dalam masa pertumbuhan, kekuatan dan kepadatan tulang akan terus bertumbuh. Proses ini juga akan terus berlangsung saat kamu masih berusia muda.

Namun apa jadinya jika kepadatan tulang tiba-tiba melemah? Ternyata ini faktor yang menjadi penyebabnya.

Kepadatan tulang sangat penting yang menopang tubuh setiap makhluk hidup

Kekurangan kalsium
Kamu pasti tahu bahwa kalsium adalah makanan utama yang mendukung kekuatan otot. Nah, saat tubuhmu kekurangan kalsium maka tulangmu jadi mudah rapuh.

Jenis kelamin dan usia
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa perempuan lebih rentan untuk terkena osteoporosis dibandingkan dengan pria. Sedangkan saat kamu beranjak tua, kepadatan tulang juga akan menurun dan hal ini tidak bisa terelakkan.

Kurangnya aktivitas
Kamu termasuk orang yang jarang melakukan aktivitas? Well, berhati-hatilah dengan serangan tulang yang menurun kepadatannya.

Merokok dan minum minuman beralkohol
Banyak penelitian yang telah mengonfirmasikan bahwa kebiasaan buruk seperti merokok atau konsumsi minuman beralkohol bisa mempengaruhi kepadatan tulang. Sebabnya alkohol akan mengganggu penyerapan kalsium.

Genetika
Jika para pendahulumu seringkali mengalami gangguan tulang yang lemah, maka kamu wajib berhati-hati. Sebab kamu berada pada risiko yang tinggi untuk mengalami hal yang sama.

Konsumsi obat tertentu
Beberapa jenis obat tertentu termasuk steroid ternyata mampu mengakibatkan tulang jadi melemah.

Kecelakaan
Apakah kamu pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulangmu cedera? Jika ya, kamu wajib berhati-hati sebab hal ini bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *