BEBERAPA GUA TERPANJANG DI BELAHAN DUNIA

Liputaninformasi.com – Gua merupakan bentukan alami yang tidak biasa terlepas atau berdiri sendiri dari linkungannya. Gua merujuk pada terowongan alami yang terbentuk ke dalam bukit atau gunung yang disebabkan oleh erosi air atau sebagainya. Gua biasa di lihat di bagian atas tanah, tetapi kadang-kala ada gua yang menjalar sampai di bawah tanah, dan kadang-kala pula di bawah permukaan air, menyebabkan gua tersebut berisi air. Dibawah ini akan kita bahas tentang beberapa gua terpanjang.

Gua adalah ruang bawah tanah alami yang cukup besar bagi manusia. Gua biasanya digambarkan kelelawar menggantung, stalagmit dan stalagtit naik dari lantai dan langit-langit dan gelap, lubang lembap yang tampaknya untuk pergi selamanya.

Berikut ada beberapa gua terpanjang di belahan dunia :
1. Gua Mammoth

1

111
Panjang: 390 mil (628 kilometer)
Lokasi: Kentucky, Amerika Serikat

Kentucky disebut-sebut memiliki gua terpanjang di dunia yang panjangnya hampir mencapai 300 kilometer.Selain panjangnya, jalan masuk untuk ke gua ini berliku-liku seperti labirin. Gua ini memiliki sungai bawah tanah yang mengalir deras sejauh mata memanjang.

Gua ini sudah ada sejak 350 juta tahun yang silam dan manusia pertama yang menempati gua ini adalah orang nomaden yang diperkirakan hidup sekitar 4.000 tahun lalu. Di dalam gua ini, hidup sejumlah hewan dan tumbuhan (flora dan fauna) yang berukuran mini (kecil) yang diperkirakan ada 130 jenis fauna.

2. Gua Jewel

22

2
Panjang: 151 mil (243 kilometer)
Lokasi: Dakota Selatan, Amerika Serikat

Gua ini terletak di sekitar 21 km di barat kota Custer di Black Hills, South Dakota. Jewel Cave merupakan bagian dari Jewel Cave National Monument. Gua ini ditemukan pada tahun 1979 dan memiliki luas mencapai 267,6 km.

3. Gua Optimisticeskaja

3

33
Panjang: 143 mil (230 kilometer)
Lokasi: Korolivka, Ukraina

Gua ini memiliki panjang hingga 236 km dan terletak di dekat desa di Ukraina, Korolivka, Borschiv Raion, Ternopil Oblast. Gua ini ditemukan pada tahun 1966 yang lalu. Gua ini merupakan gua terpanjang di Eurasia dan juga juga gipsum yang terpanjang di dunia yang dikenal sebagai gua labirin.

4. Gua Angin

4444
Panjang: 134 Miles (Kilometer 216)
Lokasi: Dakota Selatan, Amerika Serikat

Gua besar ini memiliki lebih dari 130 mil (209 kilometer) dari bagian-bagian yang telah dipetakan, dengan banyak lagi yang tersisa untuk ditemukan. Gua ini terdiri dari bilah tipis dari mineral kalsit bahwa proyek dari dinding gua atau langit-langit dan berpotongan satu sama lain di berbagai sudut, membentuk pola kotak-suka atau sarang lebah.

5. Gua Lechuguilla

GUA TERPANJANG

GUA TERPANJANG
Panjang: 128 mil (206 kilometer)
Lokasi: New Mexico, Amerika Serikat

Lechuguilla Gua adalah gua batu kapur terdalam di Amerika Serikat, yang berisi formasi dan mikroba ditemukan di tempat lain di dunia.
Gua ini berada di Taman Nasional Carlsbad Caverns, New Mexico, Amerika.

Berita lainnya, klik disini …!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *