Beberapa efek Depresi pada tubuh pria dan wanita

Beberapa efek Depresi yang di rasakan oleh pria maupun wanita

Liputaninformasi.com Beberapa efek Depresi, Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi Mayor. Beberapa gejala Gangguan Depresi Mayor adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.

Penyebab suatu kondisi depresi meliputi:

# Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin
# Faktor psikologis karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial
# Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya

Saat stres mengambil alih hidupmu dan tidak kamu tanggulangi dengan baik, maka stres bisa berubah menjadi depresi. Umumnya, depresi akan membuat seseorang baik pria maupun wanita menjadi lebih murung, mudah sedih, hingga kehilangan akal sehat.

sebuah penelitian menemukan dampak spesifik dari depresi pada tubuh pria dan wanita. Secara umum, wanita lebih rentan terkena depresi dibandingkan dengan pria karena perbedaan fisiologis, fluktuasi hormon, serta faktor genetik. Namun saat diteliti lebih lanjut terdapat perbedaan dampak depresi pada pria dan wanita. Pada pria, jenis depresi yang terjadi berlangsung terus-menerus. Sedangkan depresi pada wanita cenderung lebih episodik

Dibandingkan dengan wanita, pria yang depresi juga mengalami konsekuensi serius dari depresi mereka seperti penyalahgunaan narkoba, konsumsi alkohol, dan kecenderungan untuk bunuh diri. Hal ini ditengarai karena pria lebih tertutup dan ada rasa gengsi untuk mengungkapkan sisi lemah mereka pada orang lain. Sehingga mereka tidak bebas untuk bercerita. Sementara wanita lebih terbuka dan bebas untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan pada orang yang mereka percayai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *