Beberapa cara diet alami untuk menurunkan berat badan

Beberapa cara diet alami yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan

Liputaninformasi.com РBeberapa cara diet alami, Banyak sekali cara diet alami yang ditawarkan baik oleh ahli kesehatan maupun penjual obat pelangsing. Terutama penjual obat atau ramuan pelangsing. Mereka berlomba-lomba mengiklankan produk dengan embel-embel herbal agar laris dan memberikan tips cara diet alami yang cepat bahkan dalam 1 minggu atau bahkan menjanjikan cara menguruskan badan secara alami tanpa diet. Tapi apakah produk yang mereka tawarkan aman? Tentu saja terkadang Anda sebagai konsumen suatu produk memiliki prasangka apakah produk yang dibeli tersebut benar-benar solusi cara diet alami yang benar atau malah nantinya merugikan.

Di zaman yang semakin kompleks ini, tingkat bahaya penyakit semakin tinggi. Diabetes, kolesterol, penyakit jantung tak lagi hanya menyasar orang-orang lanjut usia. Dewasa muda bahkan remaja pun bisa terkena penyakit tersebut.

Kelebihan berat badan atau yang biasa kita sebut dengan obesitas, memiliki banyak sekali potensi mengundang penyakit datang ke tubuh. Sebenarnya setiap orang memang diharuskan memiliki sejumlah lemak untuk menyimpan energi dan lainnya, namun jika jumlahnya berlebihan, maka lemak yang tertimbun dapat merugikan metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami obesitas memang sudah seharusnya mencoba mencari cara menguruskan badan secara alami dengan cara diet alami dan sehat. Tapi sebelum Anda mengetahui cara diet yang alami dan sehat, alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu masalah kesehatan apa saja yang nantinya akan dialami oleh orang penderita kelebihan berat badan.

Beberapa cara diet alami yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan

Menentukan target
Tetapkan target yang realistis sebelum memulai menerapkan cara diet alami dan selama diet berlangsung. Jangan terlalu berobsesi menurunkan berat badan secara cepat dalam satu minggu. Satu kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak memakan makanan cepat saji, dan lainnya.

Berpikiran optimis
Selain menentukan target, tentu Anda harus mengontrol pikiran Anda untuk menguruskan badan. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa Anda akan kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung atau kemungkinan cara diet alami Anda akan terganggu atau bahkan bubar di tengah jalan.

Olahraga
Daripada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, mulailah berjalan kaki kemanapun. Jangan cuma duduk diam di depan komputer. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator. Bisa juga melakukan olahraga 30 menit sehari secara rutin. Diawali dengan pemanasan tangan, kaki, dan kepala. lalu bisa dilanjutkan dengan joging, sit up, ataupun push up. Kegiatan olahraga ini apabila dilakukan secara rutin dapat membantu anda dalam proses penurunan berat badan.

Beberapa cara diet alami yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan

Perbanyak minum air mineral
Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh,membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Konsumsi makanan kaya serat
Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang,pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan
Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menambah masalah baru. Cukup dengan mengurangi porsi Anda, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Mengurangi porsi makan ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik sebagai cara diet alami.

Beberapa cara diet alami yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan

Hindari makan lebih dari jam 6
Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

Hindari snack dengan kandungan gula tinggi
Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Anda makan atau minum.

Minum air jeruk nipis di pagi hari
Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *