Anggaran Pemindahan Ibu Kota Mencapai Rp 300 Triliun. Apakah Akan Tercapai?

Anggaran Pemindahan Ibu Kota Mencapai Rp 300 Triliun

LiputanInformasi.com – Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, rencana pemindahan pusat pemerintahan membutuhkan waktu empat sampai lima tahun. Saat ini diketahui pemerintah juga tengah mengejar penyelesaian perencanaan tahun ini agar 2018 bisa menyiapkan segala persiapan.

“Minimal bisa 4-5 tahun. Jadi kalau kajian 2017 selesai, 2018 menteri PU akan menyiapkan detail engineering desainnya kemudian persiapan-persiapan untuk pemindahan,” ujarnya.

Namun, Pemerintah terus mengkaji wacana pemindahan ibu kota negara. Namun untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke wilayah lain tampaknya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono banyak belajar dari negara-negara yang telah melakukan pemindahan ibu kota seperti Amerika Serikat, Brasil, Australia, Malaysia dan lain-lain.

“Kalau saya ditugasi macroplanning kotanya mau kayak apa. Konsepnya mau kaya bagaimana, sehingga kami studi literatur Washington DC kaya bagaimana, Basilia kaya bagaimana, Canberra kaya apa, Astana kaya apa, Putrajaya kaya bagaimana, Bonn kaya apa. Ini kami komunikasikan,” ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Anggaran Pemindahan Ibu Kota Mencapai Rp 300 Triliun
Baca Juga: Polisi Mendapatkan Beberapa Barang Bukti Milik Pembacok Hermansyah

Untuk melakukan pemindahan ibu kota dibutuhkan lahan yang luas untuk membangun  infrastruktur pemerintahan. Sebagai contoh, untuk kantor pemerintahan dibutuhkan lahan setidaknya seluas 30 ribu hektar.

Diketahui anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan pemindahan ibu kota sangat mahal. Setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp 200 triliun – Rp 300 triliun untuk memindahkan ibu kota negara.

“Anggaran itu kita ambil dari negara-negara yang sudah pernah melakukan pemindahan ibu kota. Ada yang Rp 200 triliun, ada yang Rp 300 triliun. Tergantung luasannya,” lanjutnya. Seperti yang diketahui, wacana pemindahan ibu kota ini masih dikaji terus dan masih tetap berlanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *