Anak Kos Kreatif, Ini 8 Makanan Nikmat Praktis Tanpa Kompor

LiputanInformasi.com –┬áSebagai anak kos kalian harus memiliki ide kreatif, efektif dan inovatif. Karena dengan begitu kalian bisa berhemat. Percaya atau tidak jika kalian tidak berhemat, pasti biaya kalian tidak akan cukup sampai akhir bulan. Tapi hal ini berbeda jika anak kosnya di biayai oleh orang tua.

Sebenarnya biaya terbesar yang di miliki oleh anak kos bukanlah biaya sewa kos tetapi makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Karena berdasarkan pengalaman ketika anak kos masak sendiri itu bisa menghemat uang jajan hampir setengahnya.

Tetapi terkadang kita temukan kos yang tidak memiliki kompor dan juga tidak di sediakan oleh ibu kos. Jadi bagaimana? Alat paling penting yang harus dimiliki anak kos ialah rice cooker.

Cara memasak dengan menggunakan rice cooker seperti memasak pada kompor, tapi untuk rice cooker pastikan tombol cook yang berwarna merah harus menyala terus.

Inilah 8 makanan nikmat yang bisa di santap tanpa menggunakan kompor:

1. Bubur

bubur-nasi

Bagi kalian yang pandai memasak bubur di kompor, pasti kalian juga bisa memasak di rice cooker. Caranya sama, tetap menambahkan air nya lebih banyak. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa, masak hingga matang.

Untuk pelengkapnya, kamu bisa memakan bubur sambil ngemil kerupuk.

 

2. Nasi Goreng

img_20140224_171503-750x1000

Masak nasi seperti biasa dengan menggunakan rice cooker, tapi kurangi airnya, untuk menciptakan tekstur nasi goreng yang enak. Sebelum matang sempurna, masukkan bumbu instan nasi goreng atau bumbu racikan kalian sendiri lalu aduk hingga rata.

Jika kamu mempunyai nasi yang sudah masak, juga bisa langsung membuat nasi goreng dengan memasukkan bumbu dan tambahkan sedikit minyak.

 

3. Makaroni Keju

mac-and-cheese

Ternyata makaroni keju juga bisa di masak menggunakan rice cooker loh. Rebus makaroni dengan rice cooker, setelah empuk tiriskan airnya sedikit.

Setelah itu campurkan kaldu ayam instan, garam, susu, dan keju perut agar keju lebih cepat meleleh dan makaroni telah siap di santap.

 

4. Pasta

pasta1-750x562

Untuk memasak pasta lebih mudah karena pasta tinggal direbus seperti merebus di kompor. Setelah matang, tuangkan bumbu pelengkapnya dan pasta telah siap di nikmati.

 

5. Roti Bakar

33a63dc91b84d2b67b60e1ec629d994b

Pasti kalian tidak menyangka kalau roti bakar juga bisa di masak di rice cooker. Sebelum memasukkan roti, oleskan mentega secara merata. Lalu bakar roti, jangan lupa pastikan roti tawar yang kamu pakai ukurannya muat untuk rice cooker kamu ya.

Setelah itu angka roti tersebut, lalu ceplokan telur ke olesan mentega yang tersisa. Selanjutnya tinggal ambil telur yang sudah selesai di masak tersebut lalu di gabung dengan roti seperti pada umumnya.

 

6. Sop

sop-buntut-001

Untuk membuat sop di rice cooker pasti akan memakan waktu yang cukup lama dan rumit. Rebus air beserta ayam terlebih dahulu, setelah ayam hampir matang, masukkan kentang dan wortel.

Tunggu sampai semuanya matang sempurna, masukkan garam, merica dan penyedap rasa. Setelah matang sempurna, pindahkan sop tersebut ke mangkok besar untuk di lahap bersama teman-teman.

 

7. Risotto

risotto-rice-cooker

Risotto adalah nasi dengan campuran rempah ala Italia. Bahannya sederhana, nasi, mentega, jamur, bawang merah, bawang putih, kaldu ayam, garam, lada hitam, keju dan kacang. Campur semuanya di nasi yang sudah hampir matang sempurna.

 

8. Sarden

06082011

Masak sarden sudah paling mudah, karena hanya tinggal dimasukkan ke rice cooker dan tunggu sampai sedikit mendidih. Sarden sudah siap disantap dengan nasi putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *