Air Beras Ternyata Punya Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Liputaninformasi.com – Beras merupakan salah satu makanan pokok di sebagian negara di dunia. Beras menjadi pemasuk kalori di dalam tubuh kita agar dapat beraktivitas. Ditemukan di beberapa rumah, banyak para ibu-ibu yang selalu menyisihkan air beras, air bekas mencuci beras.

Air Beras

Di benua Asia, air beras dipercaya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.

Sebuah suku bernama Suku Yao di Desa Huangluo, Cina, mereka tidak pernah membuang air beras setiap mencuci beras. Mereka menggunakan air beras itu untuk mencuci rambut mereka karena dipercaya terdapat tambahan vitamin untuk rambut mereka yang panjangnya bisa mencapai lebih dari satu meter dan rambut yang panjang akan sehat, kuat dan mengkilap.

Ternyata, air beras sendiri memang mengandung banyak mineral dan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada pula zat yang bermanfaat yaitu glukosa, poliglukosa, magnesium, kalsium, serta protein yang dapat menunjang kebutuhan dalam tubuh.

Ada pula beberapa manfaat dari air beras diantaranya :
– Membantu kegiatan diet
Kandungan glukosanya tidak setinggi nasi, sehingga boleh meminum air berasnya tanpa takut gemuk.

– Menjaga kolesterol
Air beras ini tidak mengandung lemak jahat dan juga air beras dapat menstabilkan kolesterol yang tinggi.

– Imunitas
Mineral, vitamin dan serat pada air beras dapat meningkatkan imunitas pada tubuh.

– Luka bakar
Bagi yang memiliki luka bakar, seseringlah untuk mengoles air beras yang dingin ke permukaan kulit luka bakar agar cepat mengering.

– Maag
Untuk para penderita asam lambung dan maag, minumlah air beras yang sudah masak 2x sehari agar penyakit maag tidak gampang kambuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *