Ahok Menangis Di Sidang Perdana, Pendemo Kesal! Simak Videonya

LiputanInformasi.com РSidang perdana kasus dugaan penistaan agama yang menjerat calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama di gelar pada 13 Desember 2016. Kasus ini bermula dari sebuah video yang diunggah Buni Yani dan menjadi viral di sosial media. Basuki Tjahaja Purnama atau yang terkenal dengan nama Ahok ini menangis di persidangan. Ahok menangis saat menceritakan masa lalunya dalam pembacaan nota keberatan di persidangan.

“Saya tak habis pikir dituduh sebagai penista agama Islam, benar-benar tidak terpikirkan,” ujar Ahok dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016).

Selanjutnya Ahok menceritakan bahwa ia di lahirkan oleh keluarga non-muslim, tetapi ia diangka menjadi anak oleh pasangan suami istri muslim, yaitu Andi Baso Amir. Diketahu bahwa Andi Baso Amir adalah mantan Bupati Bone tahun 1967-1979 dan adik kandung Panglima ABRI M Yusuf.

Ahok yang bersedih karena harus membahas kembali masa lalunya pun menghentikan pembacaan nota keberatannya sejenak, karena ia tak sanggup menahan tangis dan mulai melepas kacamatanya untuk mengusap air matanya.

Setelah mengusapkan tisu ke kedua mata dan pipinya, ia melanjutkan berbicara. Ia mencoba menjelaskan kembali “Kuliah S2 saya dibayar kakak angkat saya yang muslim. Kalau saya dituduh menista, itu sama saja saya dituduh menista dan tidak menghargai ayah dan kakak angka saya yang Islamnya taat.”

“Ketika Ibu angkat saya meninggal, saya ikut seperti anak kandung. Saya antar dan mengangkat keranda ibu angkat saya yang muslim. Sampai sekarang pun saya rutin ziarah ke makamnya. Bahkan saya tidak mengenakan sepatu atau sendal saat berziarah untuk menghargai keyakinan dan tradisi orang tua dan saudara angkat saya itu,” ucap Ahok sambil terus terisak dengan suara yang tersendak-sendak karena tak tahan ketika teringat mengantar dan mengangkat keranda ibu angkatnya yang muslim ke tempat peristirahatan terakhir di TPU Karret Bivak.

Ahok Menangis РBaca Juga >>> Ahok Keluar Dari Gedung Pengadilan Dengan Kendaraan Barracuda??

“Saya selalu sedih ketika mengingat Alm. Ibu angkat saya. Pada saat saya maju sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012, di hari pencoblosan, walaupun Ibu angkat saya sedang sakit berat, dalam perjalanan ke rumah sakit, dengan menggunakan mobil kakak angkat saya, Ibu angkat saya sengaja meminta di antarkan ke tempat pemungutan suara untuk memilih saya, padahal kondisinya sudah begitu kristis. Dari tempat pengumutan suara lalu beliau menuju ke rumah sakit untuk menjalani perawatan lebih lanjut di ICU. Ia di rawat selama 6 hari. Kala itu ia berdoa dan mengatakan kepada saya, kata beliau ‘Saya tidak rela mati sebelum kamu menjadi gubernur, dan kamu harus menjadi gubernur yang melayani rakyat kecil,'” lanjut Ahok.

Meskipun begitu, masih ada pendemo yang kesal karena Ahok mengatakan ia tak habis pikir dituduh menistakan agama. Salah satu perwakilan masyarakat anti-Ahok yang ikut masuk ke dalam ruang sidang Ahok itu keluar dan langsung berorasi di depan eks PN Jakarta Pusat. “Saudara-saudara, Ahok menangis sambil mengatakan heran di sebut menistakan agama,” ujar sang perwakilan yang berorasi.

Saat sang orator mengatakan itu, para pendemo yang hadir langsung terlihat menggerutu kesal. Salah satu perwakilan yang lain mengatakan bahwa sidang Ahok ini harus digelar secara terbuka. Sebab, dia menilai Ahok memberikan pembelaan yang tak masuk akal. “Sidang ini harus disaksikan banyak masyarakat. Baru kali ini saya menghadiri sidang yang di dalamnya ada pembelaan yang sangat lucu,” ucap dia.

Berikut simak video persidangan perdana Ahok.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *